»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?
Penyakit  |  Obat  |  Tes Kesehatan  |  Info & Tips

Info & Tips

Cholesterol
Posted on Dec 17, 2008 10:39:28

Cholesterol adalah suatu cairan putih yang dihasilkan secara alami oleh hati yang ditemukan pada makanan seperti daging, bahan-bahan susu, telur dan udang.

Cholesterol adalah suatu bentuk lemak yang beredar didarah secara partikel yang disebut lipoprotein, cholesterol tidak berasa.


Apa yang dilakukan cholesterol ?

Tubuh memerlukan cholesterol untuk mempertahankan fungsinya seperti memproduksi hormon tertentu dan menyerap makanan, namun jika kadarnya berlebihan dalam darah maka dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Selama beberapa tahun cholesterol dapat mengendap pada pembuluh darah arteri yang disebut plak. Jika plak bertambah banyak dinding pembuluh darah arteri akan menyempit dan aliran darah arteri berkurang atau plak dapat menjadi tidak stabil dan pecah yang menyebabkan pembekuan sehingga menutupi pembuluh darah arteri, situasi ini dapat menimbulkan nyeri dada atau serangan jantung.

Bagaimana cara mengetahui kadar cholesterol?

Anda dapat mengetahui kadar cholesterol anda dengan alat test darah yang sederhana dan hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit. Test ini sebaiknya dilakukan setelah berpuasa selama 6 jam, hasilnya perlu dikonsultasikan dengan dokter. Keterangan-keterangannya dapat dijelaskan sebagai berikut :
The GOOD The BAD The UGLY
- Cholesterol total : ini adalah jumlah total cholesterol dialiran darah.
- HDL (High-density lipoprotein) yang dikenal sebagai GOOD cholesterol yakni memindahkan plak dari aliran darah dan membawanya ke hati untuk pembuangan.
- LDL (Low-density lipoprotein) dikenal sebagai BAD sholesterol yakni membawa cholesterol yang terbentuk di hati ke aliran darah dan mengendapkan cholesterol tersebut didinding pembuluh darah arteri.
- Trigliserida dapat disebut sebagai UGLY Companion of Cholesterol (kumpulan cholesterol yang jahat) yakni secara langsung membawa lemak makanan yang baru saja anda makan.

Apa yang menyebabkan cholesterol tinggi ?
1. Makan lemak terlalu banyak, khususnya lemak jenuh seperti : makanan cepat saji, pastel, kue-kue kering dan bahan makanan yang tinggi lemak
2. Kelebihan berat badan
3. Hati menghasilkan terlalu banyak cholesterol

Bagaimana cara menurunkan cholesterol?
- Langkah pertama dalam menurunkan cholesterol yang tinggi adalah memperhatikan makanan yang anda makan. Jika anda gemuk, cara untuk menguranginya adalah dengan merubah kebiasaan makan. Diskusikan rencana pola makan rendah lemak dengan dokter atau ahli gizi, mereka akan langsung mengarahkan bagian yang butuh perhatian khusus. Ingat bahwa semua makanan mengandung beberapa jumlah kalori atau energi, jika dikonsumsi dengan jumlah besar akan meningkarkan berat badan. Lemak jenuh, pada dasarnya harus dihindari dalam menurunkan kadar cholesterol darah.
- Tingkatkan aktivitas fisik, hal ini akan meningkatkan Good Cholesterol dan menurunkan Bad Cholesterol.
- Kurangi konsumsi Alkohol. (Setidak-tidaknya 4 hari seminggu) ini akan mengurangi kadar trigliserida dan berat badan. Jika diet rendah cholesterol tersebut tidak menurunkan kadar cholesterol darah, obat dapat dikonsumsi. Obat ini sangat efektif tapi anda butuh mengkonsumsinya untuk jangka panjang. Dokter anda akan meresepkan obat tersebut, dokter akan menjelaskan manfaat dan efek sampingnya.

Bingung tentang lemak dan makanan kaya cholesterol?

Cholesterol yang kita peroleh pada dasarnya berjumlah sangat kecil, tapi lemak yang kita konsumsi lebih memungkinkan untuk meningkatkan Bad Cholesterol kita. Ada tiga tipe lemak yang kita konsumsi dan setiap lemak memiliki efek yang berbeda pada cholesterol darah. Tiga tipe lemak yang berbeda pada cholesterol darah :
?Polyunsaturated fat, contoh : sunflower, atau minyak jagung, margar ine, bijian yang t idak mengandung cholesterol.
?Monounsaturated fat, seperti : Alpokat, kacang, buah kemiri, margarine yang bermonounsaturate, buah zaitun, canola, minyak kacang, tidak menaikan cholesterol darah.
?Saturated Fat, seperti : kulit ayam, daging yang diproses, kelapa, krim kelapa, mentega, susu, keju, pastel, kue-kue kering, lemak ini meningkatkan total dan kadar cholesterol LDL dan harus dikurangi atau dihindari.

Bukti medis mengungkapkan bahwa setiap 1% penurunan cholesterol darah dapat menurunkan terjadinya penyakit jantung koroner 2,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penurunan cholesterol yang tinggi pada manusia yang mengidap penyakit jantung dapat menghentikan peningkatan plak.

Ungkapan ini bisa bermakna jika melakukan usaha untuk mengurangi cholesterol anda, mulai dari hari ini?

Sumber : http://www.rsawalbrospku.com/index.php?option=com_content&task=view&id=29&Itemid=9


 
Join Us, FREE!
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi