»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?
Penyakit  |  Obat  |  Tes Kesehatan  |  Info & Tips

Info & Tips

Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Anda
Posted on Apr 26, 2008 1:37:11

Banyak ahli yang mengatakan bahwa vitamin C merupakah salah satu nutrien yang paling aman dan efektif. Mungkin bukan untuk mengobati, tetapi dapat membantu untuk mencegah komplikasi penyakit yang serius.

Kegunaan vitamin C termasuk untuk perlindungan terhadap kekurangan system kekebalan tubuh, berbagai penyakit kadiovaskular, ganggaun masalah prenatal, masalah mata dan bahkan kesehatan kulit.
Seorang peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, MD,MPH mengatakan bahwa vitamin C mendapatkan pengakuan yang sangat tinggi dengan alasan yang sangat baik. Tingginya kadar vitamin C dalam darah mungkin menjadi acuan untuk kesehatan yang baik secara umum. Katanya ?emakin banyak kami meneliti tentang vitamin C, semakin baik pengertian kita bagaimana vitamin ini dapat melindungi kita dari berbagai penyakit untuk dapat hidup lebih lama." Hanya saja masalahnya, dosis ideal mungkin lebih tinggi dari dosis diet harian yang disarankan.

Saat ini dosis yang disarankan adalah 75-90 mg perhari untuk dewasa, tapi Moyad dan koleganya mempelajari penggunaan 500 mg sehari. Moyad mengatakan tidak ada efek samping yang merugikan yang timbul secara signifikan dalam konsumsi 500 mg supplement, kecuali untuk yang mempunyai masalah dengan lambungnya. Dan ia mengatakan mempunyai data yang cukup untuk membuktikan konsumsi 500 mg sehari ini aman. Hanya apakah menggunakan supplement untuk mencapai kadar ini disarankan, masih perlu diteliti lagi, karena selama ini memang dikenal vitamin C di metabolisme di ginjal, sehingga harus berhati-hati pada pasien dengan resiko pada ginjal.

Untuk yang paling baik tentunya adalah meningkatkan konsumsi vitamin C yang berasal dari bahan alami seperti buah dan sayuran. Moyad mengatakan hanya 10-20% orang dewasa yang dapat memenuhi vitamin C dari sumber alami. Tapi, seorang juru bicara American Dietetic Association menyarankan agar lebih mengusahakan vitamin C dari diet alami dengan 9 porsi buah-buahan dan sayuran, karena selain vitamin C, kita dapat menerima berbagai manfaat dari kandungan lainnya seperti berbagai vitamin lainnya, berbagai mineral, dan phytochemical yang baik untuk pencegahan penyakit dan kesehatan secara umum.

Untuk mendapatkan kadar 75-90 mg vitamin C sehari, kita bisa mendapatkannya dari segelas jus jeruk atau berikut ini kami berikan beberapa daftar kandungan vitamin C pada sayuran dan buah-buahan:

  • Brokoli, dimasak dalam satu takaran gelas :    74 mg Vit C
  • Kubis merah , ?takaran gelas :    40 mg
  • Paprika merah , ?takaran gelas :    95 mg
  • Paprika hijau , ?takaran gelas :    60 mg
  • Kiwi , 1 biji ukuran sedang :        70 mg
  • Jus tomat , satu takaran gelas :    45 mg
  • Blewah , satu takaran gelas :        59 mg

Berdasarkan beberapa penelitian terbaru, vitamin C dikatakan dapat memberikan beberapa keuntungan bagi kesehatan kita pada keadaan :
1.    Stress.
2.    Flu. Vit C dapat membantu menurunkan resiko terjadinya komplikasi yang lebih serius.
3.    Stroke. Dalam suatu penelitian terbaru dari American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dihubungkan dengan 42 % lebih rendah beresiko terkena stroke. Alasannya masih belum dapat dipahami sepenuhnya.
4.    Skin Aging. Vitamin C dihubungkan dengan rendahnya kemungkinan kulit berkeriput, kulit kering dan penampilan kulit yang lebih baik.

Vitamin C memang telah lama dipercaya kemampuannya bagi tubuh dengan aksinya sebagai antioksidan dan beberapa keuntungan bagi tubuh seperti dibahas diatas, untuk itu mengapa konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi modal penting dalam menjalankan diet sehat kita.

Sumber : Medicinenet.com



 
Join Us, FREE!
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi