»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?
Penyakit  |  Obat  |  Tes Kesehatan  |  Info & Tips

Info Penyakit

Sifilis / Raja Singa

Definition :
Penyakit infeksi akut, subakut, atau kronik yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum biasanya didapat melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi

Cause :
Spirochae T.phallidum pertama kali ditemukan pada tahun 1905 tetapi penyakit pernah endemik di Eropa pada pertengaha abad XV. T.pallidum dapat berpenetrasi melalui mukosa normal dan abrasi ringan pada epitel. Treponema lambat berkembang biak dari lesi patologik primer merupakan endarteritis fokal. Lipatan inflamasi terhentuk sekitar pembuluh darah yang terserang, lumen me ngalami obliterasi, dan menyembuh dengan banyak fibrosis. Reaksi granulomatosa sering ditemukan pada sifilis sekunder dan lanjut. Respon penderita terhadap infeksi berupa antibodi yang banyak. Antibodi ini mempunyai arti untuk penegakkan diagnosis (Lihat: Pemeriksaan Khusus di bawah).

Sign & Symptoms :

Masa inkubasi dan saat kontak sampai timbulnya lesi pada tempat inokulasi kira-kira 21 hari (10-90 hari).

Terbentuk papel yang tidak nyeri, yang memecah membentuk ulkus dengan dasar bersih (syanker) dan tepi menonjol dan berindurasi yang bertahan selama 2-6 minggu, kemudian menyembuh spontan.

Beberapa minggu setelah syanker menghilang, penderita menunjukkan stadium sekunder yang khas dengan demam, ringan, sakit kepala, malaise, limfadenopati menyeluruh, dan ruam mukokutan. Hepatitis mungkin terjadi; kondiloma lata mungkin timbul pada tempat yang lembab dan hangat seperti pada perineum; kira-kira 30% penderita menunjukkan bercak pada mukosa, berupa membran putili kelabu, berbentuk oval dan agak menonjol pada genitalia mulut, atau lidah yang seperti kondilomata, sangat menular.

Sifilis laten     : mulai dengan serangan pertama dan sifilis sekunder danmungkin berlangsung seumur hidup. Tanda-tanda klinis penyakit tidak ada dan cairan serebrospinalis normal.

Sifilis lanjut     jinak. Gummata, tunggal atau multipel, tampak 1-10 tahun setelah infeksi awal; timbul pada kulit, traktus respiratorius, traktus gastrointestinalis, dan tulang.


Treatment :
Sifilis primer, sekunder, dan laten dini (kurang dari 1 tahun) : obat pilihan adalah penicillin G benzathine 2.4 juta unit IM satu kali; atau penicillin G procain, 600.000 unit IM tiap hari selama 8 hari.

Sifilis laten lanjut (lamanya lebih dari I tahun) dan sifillis kardiovaskular   : obat pilihan adalah penicillin G procaine, 600.000 unit tiap han selama 15 han; atau pcnicillin G benzathine, 2.4 juta unit IM tiap minggu selama 3 minggu.

Neurosifilis     : penicilline G crystalline, 24 juta unit IV tiap 4 jam selama 10 han; atau penicillin G procaine, 1.2 juta unit IM tiap han selama 15 han.

Untuk sifilis kongenital dengan cairan serebrospinalis normal: penicillin G benzathine, 50.00 unit/kg IM diberikan sekali; bila cairan serebrospinalis abnormal, penicillin G crystalline~ 25.000 unit/kg IM atau IV 2 kali sehari untuk paling sedikit 10 hari; atau penicillin G procaine, 50.000 unit/kg IM sebari paling sedikit 10 hari.

Penderita yang sensitif terhadap penicillin, untuk semua jenis : tetracycline 500 mg peroral 4 kali sehari selama 15 han; atau erythromycin, 500 mg 4 kali sehari peroral untuk 15 hari, merupakan terapi pengganti yang adekuat.

Reaksi Jariseh-Herxbeimer mungkin terjadi dalam waktu 6-8 jam setelah terapi awal; demam, menggigil, mialgia, takikardia, dan berbagai gejala sistemik lain; lesi mukosa, dan lesi neurologik mungkin memburuk. Reaksi ini ditemukan sampai pada 50% penderita dengan sifilis primer, 75% dengan sifilis sekunder, dan 30% dengan neurosifilis.




 
 
Join Us, FREE!
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi