»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?



Pencarian
CONSULTATION » KESEHATAN REPRODUKSI » TEST HORMON
CONSULTATION TOPIC : TEST HORMON
FromMessage
Lauren Posted : 7/24/2008 2:46:56 PM

Siang dok, Masih ingat dengan saya dok? Moga2 masih ingat ya. Saya bln kemaren tgl 23 juni Mens, trus pada minggu ke-3, tgl 15 juli, keluar flek2, tgl 16 juli akhirnya mens. Tgl 21 Juli test hormon dengan hasil sbb : GLUKOSA SEWAKTU 87 mg/dL LH 20.30 mIU/mL FSH 4.10 mIU/mL PROLAKTIN 17.40 ng/mL ESTRADIOL 45.00 pg/mL hasil test hormon saya ini menunjukkan normal ga dok? Kalo flek2 itu bisa dikatakan hari Mens pertama ga dok? Dokter saya mengatakan mens pertama saya tgl 16 juli, tgl 15 juli flek2 tidak dihitung. Dari Des 2007, saya mengkonsumsi Femara sampe bln Juni 2008 (hanya 5 hari sejak hari ke-3 sampai hari ke-7 sirklus M). Sepertinya bln Juni kemaren saya tidak ovulasi, soalnya tiap hari ukur suhu tubuh, tidak ada peningkatan seperti sebelum2nya. Apa mungkin karena stress ya dok? Sebelum2nya setiap minum obat hormon spt genoclom ataupun femara biasanya tiap bulan selalu ovulasi dan mens-nya selalu teratur. Dokter saya menganjurkan untuk Laparoscopy. Apakah perlu dok? Sewaktu sebelum menikah 2,5 thn yang lalu, saya mens selalu teratur, paling lama telat 1 minggu. Sejak menikah, program anak, diberikan profertil, genoclom dan femara, kalo ga minum jadinya mens tidak teratur. Tidak pernah merasakan nyeri haid. Saya takut kalo ternyata ada penyakit spt endo atau kista gitu dok. pelengketan itu ada ciri2nya ga dok? Dengan diperiksa menggunakan tangan di dalam, bisa diketahui ga dok kalo ada kista atau pelengketan atau pula endo? Selama ini program hamil tidak berhasil....perlu test atau periksa apa lagi ga dok? Bingung nih....
Tim Tanya Dokter Posted : 8/8/2008 11:53:48 AM

Halo lauren... Sebelumnya kami mohon maaf karena baru dapat membalas hari ini..semoga dapat maklum yah..(kami ingat riwayat anda sebelumnya kok) MEngenai hasil tes hormon anda (pada hari ke 5 mens yah) hasilnya semua normal kok..baik2 saja... Walau LHnya memang pada batas atas, tetapi tidak masalah. Gula darah anda juga baik sekali... Untuk menentukan hari pertama mens memang dapat berbeda2 pendapat mengenai keluar tidaknya flek sebelumnya..kadang kami menganggap tanggal 15 anda sudah hari pertama, karena tanggal 16 sudah keluar banyak yah..tapi beda satu hari tidak masalah kok... Mengenai ada tidaknya ovulasi, rasanya ada yah, walau tidak terlihat dari perubahan suhu..yang terbaik adalah dengan pemeriksaan USG.. Kenapa kami pikir ada ovulasi, karena hormon anda baik, dan siklus anda juga masih dapat dikatakan baik..(walau sekarang sepertinya tergantung dari obat yah? ) Belum berhasilnya program hamil memang akan membuat stress, dan ini menjadi hambatan...dan tidak dapat di intervensi, karena sangat individualis...dokterpun tidak fair kalau menyuruh tenang...tapi memang harus diupayakan agar tidak stress, cari kegiatan yang menyenangkan,dll, agar tidak menganggu hormonal anda... Untuk apakah ada kista , (endo maksud anda apakah endometriosis? karena ini juga merupakan suatu kista) atau tidak sebenarnya dapat dilihat dengan USG kok..kalau selama ini tidak terlihat, tampaknya memang tidak ada.. Mengenai perlengketan yang anda maksudkan sepertinya di saluran tuba yah..kalau rahim anda tidak ada perlengketan kok..buktinya anda setiap bulan masih mens bukan... Kalau perlengketan tuba memang tidak dapat dengan USG saja, terkadang membutuhkan HSG, atau langsung melakukan hidrotubasi atau dengan laparaskopi.. Semua ada keuntungan dan kelemahan... HSG hanya akan dapat melihat ada perlengketan atau tidak, tapi biayanya paling murah, sedangkan hidrotubasi, seperti trial dan eror...kalau ada perlengketan akan sekalian diharapkan terbuka kembali (tergantung tingkat perlengketan), jadi sekali jalan... Sedangkan Laparaskopi juga sama, tetapi dapat melihat semua keadaan tuba, dan perlengketan yang lebih sulit, lebih dapat diatasi dengan laparaskopi daripada sekedar hidrotubasi...tapi harganya tentu lebih mahal... Jadi semua tergantung pilihan anda dan hasil diskusi anda dengan dokter... Apakah anda mau mencoba mendapatkan second opinion dari dokter lain perihal pilihan ini? mungkin dapat lebih membuat anda yakin.. Mungkin ini dulu yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu.. Terima kasih..

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

Lauren Posted : 8/27/2008 2:06:14 PM

Makasih dok atas infonya. Sebelumnya pd tgl 23/10/06 saya udah HSG dok, dgn hasilnya sbb: Plain Foto Cavum Pelvis : tidak tampak kelainan Kontras Cervix : tidak tampak kelainan Uterus : posisi ditengah sangat RF, besar & bentuk normal, filling defect (-), tampak ada udara setelah penambahan kontras menghilang. Tuba dextra & sinistra : terisi kontras sampai dengan salphinx, salphinx kecil, mucosa rata, spill (+) kanan kiri. Kesan : kedua tuba paten dengan suspect hypoplasia salphinx. Itu maksudnya apa dok? RF itu artinya apa dok? Terakhir saya mens lagi tgl 5 agustus, jadi tepat 22 hari, sama seperti sebelumnya jg 22 hari. Wkt di USG pada tgl 17 Juli (mens sebelumnya) rahim saya menghadap ke depan dok. Tapi wkt terakhir USG tgl 5 Agustus, ternyata rahim saya menghadap ke belakang dok. Kenapa bisa demikian ya? Apakah itu artinya rahim terbalik? Perlu trik2 (atau mungkin gaya saat berhubungan) apa ga dok untuk memperbesar kemungkinan buat hamil? Perlu di ulang lagi ga test HSG-nya dok? Saya jg pernah melakukan test TORCH pada tgl 25/04/05 dengan hasil sbb: Anti toxoplasma IgM: Hasil : Negatif (indeks : 0.05) Anti toxoplasma IgG: Hasil : Negatif (kons : 0) Anti Rubella IgM: Hasil : Negatif (indeks : 0.08) Anti Rubella IgG: Hasil : Positif (kons : 113) Anti CMV IgM: Hasil : Negatif (indeks : 0.19) Anti CMV IgG: Hasil : Positif (kons : 37) Anti HSV 2 IgM: Hasil : Negatif (rasio: 0.50) Anti HSV 2 IgG: Hasil Negatif (rasio: 0.67) Menurut dokter hasilnya gimana? perlu diulang ga testnya lagi dok? Saya jg udah pernah test PCT, spermanya masih bergerak dengan aktif. Oh ya dok, kalo kista kecil2, dengan USG perut atau USG transv bisa kelihatan ga? Perlu diadakan pemeriksaan apa lagi ga dok? Karena selama ini menurut dokter saya semuanya normal, tapi kok ya ga hamil2 ya dok? Makasih ya dok.
Tim Tanya Dokter Posted : 8/27/2008 10:53:15 PM

Hallo ibu Lauren. Menjawab pertanyaan anda akan HSG, tidak ada kelainan yang tampak kecuali hipoplasia salfing, yaitu bagian dari tuba. Sedangkan untuk RF berarti retrofleksi suatu keadaan uterus normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ini merupakan istilah teknis, dari hasil pemeriksaan radiologis yang penting adalah kesan yang ada. Selebihnya bergantung akan dokter yang memeriksa anda. Keadaan uterus sangat sulit berubah arah kecuali ada kelainan dari jaringan penyangga uterus. Perlu saya ingatkan baik uterus menghadap ke depan maupun ke belakang tidak menjadi faktor utama kesulitan untuk hamil ataupun mengandung. Hal ini bergantung akan faktor2 yang lain. Yang paling penting adalah untuk menjelaskan pada hasil akhir ibu bahwa keadaan uterus dan bagian-bagiannya berada dalam batas normal. Bila melakukan penjelasan yang lebih banyak lagi, memerlukan banyak istilah teknis yang mungkin sulit untuk menerangkannya secara detil. Melalui hasil HSG ibu, menunjukkan tidak adanya kelainan kecuali pada bagian dari tuba, namun hal ini tidak saya temukan adanya ukuran yang pasti untuk menilai seberapa jauh kekurangan pada salfing. Ada baiknya dalam hal ini ibu bertanya langsung kepada dokter ibu karena beliau yang melihat langsung hasil HSG. Tidak diperlukan pengulangan pada HSG karena variasi perubahan pada HSG tidak menentukan secara kuantitatif. Tips dan trik untuk memperbesar kehamilan tidak dapat saya berikan sepenuhnya karena pada umumnya merupakan pengetahuan secara umum. Adanya menstruasi yang teratur, ketenangan/kerileksan pada saat berhubungan atau kualitas saat berhubungan, waktu dan interval berhubungan akan mempengaruhi kemungkinan kehamilan. Secara keseluruhan, hal ini beragam dari setiap pasangan. Ada baiknya ibu bertanya kepada ahli kandungan dan andrologi untuk mendapatkan hasil konsultasi yang maksimal. Pada hasil pemeriksaan TORCH, tidak dapat lagi dijadikan patokan karena sudah terlalu lama (3 tahun). Pada hasil itu didapatkan kalau anda mempunyai infeksi/dalam penyembuhan akan CMV atau citomegalovirus, Rubella. Pengulangan pemeriksaan dapat dilakukan apabila anda akan merencanakan kehamilan atau positif hamil. Pemeriksaan ibu menurut saya sudah mencukupi. Menurut saya anda tetap berkonsultasi dengan dokter anda, ataupun meminta pendapat lain namun tidak dalam forum ini. Kehamilan merupakan suatu program dan hal ini memerlukan banyak informasi. Oleh karena itu sangat tidak etis bila kami memberikan program-program tersebut tanpa adanya informasi ataupun tatap muka dengan ibu ataupun suami ibu. Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

Lauren Posted : 9/17/2008 8:07:25 PM

Alo dokter, maksud dari hipoplasia salfing itu apa? Perlu dilakukan Laparascopy ga dok? Makasih sebelumnya
Lauren Posted : 9/18/2008 10:32:38 AM

tanya lagi dok, solusinya gimana dok utk kasus hipoplasia salfing? karena menurut 5 dokter yang saya pernah konsul, katanya itu ga kenapa2 kok. semuanya bagus. makasih dok
Lauren Posted : 9/29/2008 4:05:12 PM

Sore dok, kok pertanyaan saya belum dijawab2 dok? Saya Mens tgl 7 Sept, pada hari ke-13, tgl 19 sept, periksa ke dokter, diambil lendir v dari dalam rahim guna mengetahui spermanya bisa masuk rahim atau ga. Ternyata spermanya masuk dan masih aktif bergerak. Skrg sin lagi H2C nih dok. mo tanya dok, penyebab janin ga bisa menempel dirahim itu apa dok? thx ya
dr. Fredy Arianto Posted : 11/16/2008 7:58:06 PM

Halo Lauren... Kami mohon maaf atas keterlambatan jawaban dari kami, semoga anda dapat memaklumi keterbatasan kami.. Kami sudah mengirimkan email jawaban kealamat anda karena pertanyaan anda sudah lama tidak terbalas...semoga sudah diterima yah.. Jawaban tersebut juga akan kami tampilkan disini, semoga dapat membantu teman2 yang lain juga yah.. Mengenai hipoplasia salphing memang tidak perlu anda khawatirkan kok, karena itu tidak dapat dirubah lagi.. artinya hipoplasia adalah mengecilnya ukuran tuba anda karena jumlah sel yang membentu tuba.. Selama fungsinya masih baik, maka tidak perlu khawatir..seperti dokter2 yang memberikan saran sebelumnya, kami setuju kok, jangan khawatir yah.. Lagipula, laporan dari radiologi masih "suspect" bukan ? artinya belum pasti kok.. Bagaimana harap2 cemas anda? :) Apakah sudah menunjukan sesuatu? kami harap anda masih dapat berbagi lagi dengan kami dilain kesempata yah.. Sekian dulu yang dapat kami sampaikan saat ini, terima kasih...

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

facebook twitter
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi