»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?



Pencarian
CONSULTATION » KESEHATAN UMUM » SESAK NAPAS TENGGOROKAN GA SEMBUH2
CONSULTATION TOPIC : SESAK NAPAS TENGGOROKAN GA SEMBUH2
FromMessage
luhur Posted : 3/18/2009 9:49:09 PM

hi dok, saya dah kurg lebih 2 bulan mengelami sesak nafas di tenggorokan,terasa ada lendir yng berkumpul ditenggorokan sehingga bikin sesak nafas.awalnya saya ke dokter spesialis paru & alergi,katanya saya mengalami bronkitis akut.akhirnya saya dianjurkan opname selama 5 hari trus plg..setelah beberapa hari sesak nafas saya kambuh lg,terus saya periksa ke dkter yg sama,dikasih obat lg,sampai saya diterapi alergi.tp beberapa hari te2p saja sesak nafas di tenggorokan. akhirnya saya dirujuk ke dktr spesialis THT setelah dironsen ternyata di daerah hidung ada sedikit penebalan mukosa ktnya sinusitis ringan.dan dianjurkan fisioteraphy selama 10x.di nebulizer + dipanasi bag.pipi dg alat sy lp namanya) setelah fisiotherapy lendir itu udah ga ada.tp tetap saja tenggorokan saya terasa ga nyaman,kadang terasa kaku dan sesak nafas kyk dicekik.trus saya ke dktr THT di foto tenggorokan saya dg sbuah alat yg dimasukkan ke tenggorokan.ktnya ada penjamuran di dinding tenggorokan say.akhirnya dikasih obat lg.tp te2p ga ada hasil.terus sy ke dktr spesialis paru lg.dikasih obat lg dan sy disuruh olah raga.saya bingung sampai sekarang sesak nafas yg saya alami ini kambuh2an.tp anehnya kalo saya buat olah raga jogging sampai berkeringat malah ga sesak nafas. pertanyaan saya: 1. apakah ada diagnosa yg lebih pasti sebenarnya saya ini sakit apa.karena dokter langganan saya spesialis paru dan alergi sampai bingung.karena segala obat ktnya dah diberikan tp ga sembuh2. 2. kira2 apa yang membuat tenggorokan saya terasa kayak dicekik tegang,kdang dikanan,dikiri,dan tenggorokan bag.tengah.berpindah-pindah.kemudian bikin saya sesak nafas.dan ini kambuh2an Mohon Bantuannya dok.karena saya bingung,hampir putus asa. trims -loehoer-
dr. Hansen Posted : 3/19/2009 7:04:04 PM

Hallo, loehoer. Cukup sulit untuk menentukan diagnosa anda hanya berdasarkan keluhan saja, terlebih lagi anda telah diperiksakan secara detail ke berbagai ahli dalam bidangnya. Namun demikian saya akan mencoba membantu mengurai masalah anda. Dari cerita anda dapat disimpulkan anda mengalami kesulitan dalam mengambil nafas oleh karena adanya hambatan pada tenggorok anda. Hambatan dapat berasal dari lendir atau otot di sekitar tenggorok yang bermasalah. Ada juga penyebab lainnya yang mungkin belum terpikirkan yaitu masalah psikologis anda. Hal ini perlu dipikirkan sebab setelah anda menjalani beban fisik (olah raga joging) anda tidak sesak. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa fungsi dari paru dan jantung masih dalam batas yang normal. Untuk memastikannya, mungkin anda dapat mengingat-ingat kembali saat timbulnya rasa sesak tersebut. Baik kondisi anda, lingkungan anda dan aktivitas anda. Apabila memang rasa sesak timbul pada saat anda dalam pekerjaan anda atau dalam lingkungan yang tidak membuat anda nyaman, mungkin hal ini yang menjadi penyebab timbulnya rasa sesak tersebut. Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

loehoer Posted : 3/20/2009 11:12:21 AM

terima kasih dok...,atas jwbnnya tp,minggu ini saya dah mencoba menjalani pengobatan alternatif dg pijat refleksi. sudah 2 kali saya menjalani pijat refleksi ini.dan alhasil sudah 2 hari ini saya tidak mengelami tegang ato kaku di tenggorokan yg mengakibatkan sesak nafas.tp skrg yg saya rasakan malah tenggorokan saya terasa berlendir lg,tp bikin rada sesak nafas jg di tenggorokan.kemarin saya smpat nangis krna ada beberapa mslh pribadi..,lah pas nangis itu tenggorokan saya terasa berat dan ditekan.kemudian hidung saya terasa penuh lendir yg kental tp tidak bs keluar.yg terjadi malah hidung saya buntu.sulit utk brnafas.setelah nangis, lama2 hidung saya terasa plong lg... trus td setelah pijat refleksi yg ke2 saya utarakan keluhan saya itu pd pengobatan alternatif tsb,akhirnya saya dikasih obat herbal berupa kapsul untuk melunturkan lendir spt gurah.yg ktnya nanti lendir itu bs keluar bersamaan dg BAB(buang air besar).dkapsulnya diminum 2 biji sbelum tidur... .tp,ktnya si pengobatan alternatif obat yg dr dkter spesialis parun alergi te2p diminum tp dosisnya dikurangi.yg biasanya 3x1hari.diminum 2x1 aja.yg mau saya tanyakan : 1. apakah boleh mengurangi dosis obat dr dokter yg biasanya 3x1 hari menjadi 2x1 hari.obatnya berupa kapsul racikan(sptnya bkn antibiotik)dan ditambah sebelum tdr minum obat herbal 2 butir sblm tdr.sesuai saran pengobatan alternatif? 2. dr dkter spesialis paru dan alergi saya jg diberi obat penenang/obat tdr merknya Frisium 10 mg.apakah klo minum obat ini brsamaan obat herbal yg dr alternatif apa boleh?karena diminumnya sama2 sebelum tidur.. sementara sgini dl.terima kasih dok.say tunggu jwbnnya.
dr. Hansen Posted : 3/21/2009 6:10:25 PM

Hallo, luhur. Menjawab pertanyaan anda yang pertama, dosis obat yang diubah dari 3x1 menjadi 2x1 bukan berarti anda mengurangi dosis obat tersebut. Perubahan itu bahkan dapat membuat obat tidak bekerja secara optimal pada tubuh kita. Maksud pemberian 3 kali dalam satu hari disebabkan masa kerja obat yang bekerja sekitar 6 jam dalam tubuh kita. Oleh sebab itu bila anda meminum setiap 12 jam per harinya, dapat dipastikan khasiat atau fungsi obat tersebut akan menurun bahkan cenderung menjadi sia-sia, terutama antibiotika. Saya kurang memahami jenis pengobatan herbal yang anda gunakan. Saya sangat sarankan agar anda berkonsultasi dengan kedua penasihat kesehatan anda baik dokter spesialis anda maupun dengan pengobatan alternatif anda. Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

facebook twitter
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi