»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?



Pencarian
CONSULTATION » KESEHATAN UMUM » OBAT PENURUN KOLESTEROL
CONSULTATION TOPIC : OBAT PENURUN KOLESTEROL
FromMessage
Taufiq Posted : 12/12/2008 11:25:58 AM

Saya sedang mengkonsumsi obat penurun kolesterol Simvastatin 10mg sehari 1 pada malam hari. tes lab terakhir LDL 110, Trigiselid 109 dan HDL 45, yang saya tanyakan : 1. Sampai berapa lama batas konsumsi obat tersebut ? 2. Kalau saya minum terus katanya efeknya akan ke liver ? apa benar sedangkan saya ingin mengontrol kadar kolesterol saya supaya tidak melebihi normal 3. Selain menurunkan kolesterol kegunaan tambahan untuk obat simvastatin bagi jantung apakah bisa mempengaruhi / membantu meluruhkan plak yang mungkin ada di pembuluh darah ? Terima kasih.
dr. Hansen Posted : 12/13/2008 3:22:14 PM

Hallo, Taufiq. Penggunaan obat simvastatin hanya berguna untuk membantu mengembalikan kadar profil lemak dalam darah ke dalam tingkatan yang ideal. Jadi penggunaan ini akan tetap digunakan sampai kadar lemak darah anda berada dalam batasan yang ideal dan sampai anda berhasil melakukan diit yang mengandung kadar kolesterol tinggi seperti udang, cumi, kuning telur dan lemak-lemak dari daging. Simvastatin merupakan obat yang tidak dianjurkan untuk penderita liver (penyakit yang sedang aktif atau adanya peninggian serum transaminase). Untuk pengguna alkohol dan riwayat penderita penyakit liver dapat menggunakan obat ini dalam pengawasasan yang ketat. Sedangkan pada orang yang umum, pengawasan kadar profil lipid setiap 3 bulan merupakan waktu yang paling ideal. Jadi penggunaan obat simvastatin tidak dapat dikatakan pasti merusak ke liver namun penggunaanya memang harus dalam pengawasan dokter. Dan seperti yang saya katakan, obat yang terbaik adalah dengan mengganti pola makan anda bukan dengan obat-obatan. Tidak ada bukti langsung penggunaan simvastatin meluruhkan plak yang sudah ada di pembuluh darah. Plak pada pembuluh darah bukanlah murni mengandung lemak/lipid saja. Jadi saya rasa tidak ada hubungannya antara kedua hal tersebut. Namun dengan penurunan LDL dan kolesterol, penumpukkan plak yang mungkin akan terjadi dapat dicegah. Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

taujack Posted : 12/17/2008 9:35:18 AM

apa ada gejala-gejala kalau kolesterol seseorang itu tinggi atau tidak, supaya saya mengkonsumsi obat tersebut hanya saat kolesterol tinggi saja kalau tidak tinggi nggak usah minum. 1. kalau simvastatin tersebut saya konsumsi terus 1 hari 1 kali supaya dapat mengontrol kadar kolesterol saya tanpa rasa kuatir kadar kolesterol saya tinggi atau tidak gimana dok apa boleh ? kalau tidak sebenarnya konsumsi obat tersebut efeknya kalau kita minum selama bertahun-tahun gimana dan harus dalam batas berapa lama ? 2. Keluhan saya sekarang kadang-kadang merasa nafas kurang plong namun tidak sesak, ambil nafas sebenarnya biasa hanya kurang penuh aja dan waktu ambil nafas sepertinya ada yang mengganjal di dada kadang kiri kadang kanan dan kadang merasa degupan jantung terasa seperti kalau kita dari ketinggian langsung lompat kebawah kadang juga berdebar, EKG 2 kali dari laboraturium berbeda semua normal, USG normal, foto thorax normal tidak ditemukan kelainan di paru-paru apa kira-kira ini dok atau hanya perasaan/pikiran saya saja karena pernah salah satu dokter mengatakan bahwa saya ada sedikit penyumbatan, tapi dokter2 lain sebagai referensi ada sampai 4 dokter mengatakan tidak apa-apa jadi saya terus berpikir tentang hal tersebut dan mungkin hal tersebut bisa menyebabkan keluhan tersebut gimana dok ? 3. Soalnya saya pernah trigiserid saya 315, LDL 144 tapi itu bulan Juli kemaren saya ke lab hasilnya trigesirid 109 dan LDL 110 makanya saya minum simvastatin untuk mengontrol kadar kolesterol saya, saya naik turun tangga dari lantai 1 s.d. lantai 5 selama kurang lebih 15 menit tiap hari kadang dengan cara lari tapi tidak merasa sesak maupun nyeri dada, kadang nyeri dada terasa waktu saya tidak melakukan aktiftas namun pusat tempat nyeri yg saya rasakan waktu itu saya tekan rongga dada terasa sakit posisinya berganti-ganti atas, bawah, kanan, kiri beberapa detik terus hilang sendiri gejala apa tersebut dan gimana yang harus saya lakukan?
dr. Hansen Posted : 12/17/2008 10:42:00 PM

Hallo, Taufiq. Seperti forum yang saya sudah terangkan kemarin, penggunaan obat simvastatin harus berada dalam pengawasan dokter. Jadi saya tidak dapat menyarankan penggunaan obat ini secara eksperimental. Dari hasil laboratorium, rontgen, EKG, USG mengatakan anda normal. Ada 4 orang dokter dengan kualifikasi yang sama dan memuaskan mengatakan anda normal, mengapa anda sulit mempercayai kalau anda normal? Pertanyaan terakhir anda, saya rasa berhubungan pula dengan seluruh pemeriksaan penunjang di atas, laboratorium dan lain-lain serta pemeriksaan kepada keempat dokter. Saya tidak yakin saya dapat membantu anda. Seperti yang selalu saya katakan, tidak ada diagnosa yang dapat dilakukan tanpa tahap anamnesa, pemeriksaan fisik. Sudah 4 orang dokter yang memeriksa anda secara langsung mengapa anda lebih mempercayai forum ini yang hanya melihat tulisan bukan kondisi anda secara langsung? Saya sangat sarankan agar anda berkonsultasi ke dokter dan mempercayai konsultasi tersebut. Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

facebook twitter
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi