»Daftar Sekarang!
»Lupa password anda?



Pencarian
CONSULTATION » KESEHATAN UMUM » SGPT/OT TINGGI (2)
CONSULTATION TOPIC : SGPT/OT TINGGI (2)
FromMessage
Elizabeth Posted : 12/3/2007 7:09:35 AM

Dear Dokter, Thanks untuk jawaban sblmnya. Dan ini saya menjawab bbrp pertanyaan dari dokter dan juga ada bbrp pertanyaan dr saya lagi dok. 1)Mula2 cek SGPT/OT adlh 3bln lalu, krn tiba2 suami panas tinggi dan sakit ulu hati. Lalu dktr internis menyarankan tes darah. Hasil : SGOT=86 U/L SGPT=130 U/L infeksi lain (Widal slide test): S.Paratyphii AH=50x S.Paratyphii BH=50x Leukosit=14000/mm3 (N=4600-10200) Laju endap darah = 20mm/1jam , 44mm/2jam (L=0-10) Nilai lainnya semuanya NORMAL, kecuali yg sy tulis diatas. Dari hasil diatas, dktr menyarankan opname, krn sakit typus dan gejala lever. Lalu stlh 1hr di RS, timbul cacar air. Jadi sakitnya komplikasi cacar air, typus dan lever. 5hr di RS, sblm pulang, di tes darah lagi, hasilnya : SGOT=110.3U/L SGPT=194.1 U/L S.Paratyphii A = negatif S.Paratyphii B = negatif Gamma GT = 143.2 U/L (N=11-49) Bili total = 1.34 mg/dl (N= <1) HBaAg= negatif Anti HCV = negatif IgM Anti HAV = negatif LDL kolesterol = 132 mg/dl (termasuk perbatasan tinggi) HDL kolesterol = 30.91 mg/dl (N=40-60) Trigliserida = 126 mg/dl (<150) Hasil lainnya semuanya baek (dlm nilai normal rujukan) Lalu stlh 2bln keluar RS, cek darah lagi, hasilnya: trombosit = 710 [10]3/mm3L SGOT= 110.2 SGPT=171.1 asam urat = 8.5 mg/dl (N=3-6) HBsAG=negatif Anti HBs= positif titer: 425.6 JADI TOTAL CEK DARAH UNT SGPT/OT UDAH 3X DLM 3BLN TERAKHIR. TAPI SAMPAI SKRG NILAINYA MSH TINGGI, APA YG MENYEBABKAN HAL TSB DOK? 2) NILAI TROMBOSIT YG TINGGI, MENURUT DOKTER INTERNIS KRN EMANG SESUDAH SAKIT, TROMBOSIT PASTI TINGGI. BENARKAH DOK? 3)APAKAH BAHAYA JIKA TROMBOSIT TINGGI? BAHAYA APA DOK? 4) UNTUK ESCOVIT, BARU DIMINUM SELAMA 2 MINGGU TERAKHIR INI, STLH CEK DARAH TERAKHIR DAN KAMI BERKONSULTASI KE DOKTER INTERNIS, DIA MEMBERIKAN ESCOVIT (UNT LEVER/MENURUNKAN SGPT/OT) DAN URICA (UNT ASAM URATNYA). DOKTER MERESEPKAN UNTUK DIMINUM SLM 1BLN. DOK, JIKA SUAMI TETAP BERAKTIVITAS (YG CUKUP PADAT & MELELAHKAN), TAPI DIA MINUM OBAT DOKTER, APAKAH BISA MENURUNKAN SGPT/OT-nya? 5)
admin Posted : 12/5/2007 3:28:16 PM

hai Elizabeth.. menurut saya, kadar SGOT/PT suami anda yang tinggi terus bisa juga disebabkan karena aktivitas yang berlebih terus menerus/kurang istirahat. Karena pada dasarnya penyakit liver itu harus ISTIRAHAT TOTAL disamping tetap minum obat2an untuk menurunkan kadar SGOT/PTnya. Mungkin ada baiknya juga jika saat suami anda kontrol kembali ke internis, anda minta dikonsulkan ke ahli gizi untuk pengaturan makan sehari-hari. untuk kadar trombosit yang tingi, perlu dievaluasi ulang apakah suami anda memiliki riwayat penyakit yang lain selain dari livernya?!trombosit yang tinggi dapat menyebabkan pembekuan darah dan dapat membuat darah menjadi kental sehingga bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Untuk itu diperlukan obat pengencer darah. SEbaiknya jamu yang dikonsumsi oleh suami anda dihentikan saja. karena kita tidak tahu betul apakah isi dari jamu tersebut. Kebanyakan dari jamu seperti itu jika dalam pamakaian yang lama dapat mengganggu ginjal, jadi saya sarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi jamunya. Mungkin itu dulu yang dapat saya sarankan, mudah2an bisa menjadi bahan pertimbangan selanjutnya, terima kasih..
facebook twitter
Home | Privacy Policy | Terms & Conditions | Guestbook | Contact Us | Tim TanyaDokter.com
Informasi yang tersedia di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum saja, bukan untuk menggantikan saran dokter Anda, juga bukan
untuk pengobatan kondisi medis khusus.Informasi ini juga bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit atau mengobati penyakit tanpa berkonsultasi
dulu dengan dokter Anda. Anda dapat menanyakan kondisi medis anda di halaman konsultasi kami atau ke dokter Anda secara langsung.
© Copyright 2006-2014 TanyaDokter. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi